Fungsi batang Pada Tumbuhan yang sebaiknya kita Ketahui

Fungsi batang Pada Tumbuhan yang sebaiknya kita Ketahui menjadi artikel pelengkap penjelasan tentang tumbuh tumbuhan  di lensa flora, Jika pada artikl sebelumnya kita sudah mengetahui Fungsi Buah pada Tumbuhan dan Fungsi Bunga Pada tumbuhan maka ada baiknya fungsi batang pada tanaman ini juga kita ketahui, Kenapa? karena batang pada tumbuhan adalah pokok dari segala sumber yang dibutuhkan Tumbuh tumbuhan

Batang pada tumbuhan merupakan bagian utama dari tumbuh tumbuhan yang memiliki pembuluh dan menjadi pusat tumbuhnya berbagai bagian dari tumbuhan itu sendiri, baik itu dahan, ranting, daun dan juga buah.
Batang memiliki fungsi yang cukup beragam. diantaranya sebagai sarana pengangkutan, menangkap cahaya sinar matahari,   penyerbukan , penyebaran benih organ reproduksi, dan sekaligus pusat penyimpanan cadangan makanan.

Fungsi Batang bagi Tumbuhan
Beberapa fungsi batang bagi tumbuhan berikut akan menjadi jawaban bagi anda yang sedang mencari tahu pentingnya batang pada tumbuh tumbuhan

Fungsi batang pada tumbuhan  yang pertama adalah
Sebagai Sarana Pengangkutan kandungan nutrisi dan unsur hara.

Batang pada tumbuhan  merupakan jalur sekaligus sarana  pengangkutan air dan berbagai mineral penting yang diserap oleh akar dan kemudian meneruskannya kebeberapa bagian penting tumbuhan seperti  daun dahan dan ranting. Fungsi batang didukung penuh oleh jaringan xilem dan floem.

Batang Membantu Efisiensi proses fotosintesis

Batang menjadi bagian penting dari proses fotosintesis, yaitu  proses pematangan air serta zat karbondioksida yang oleh tumbuhan di olah menjadi karbohidrat. Semakin besar tumbuhan itu akan semakin besar pula kebutuhan akan proses fotosintesis ini.
Fungsi batang pada bagian ini adalah memperluas ruang penangkapan cahaya sinar matahari  dengan tujuan agar proses fotosintesis  dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan.


Menjadi pusat Tumbuhnya Organ Generatif

Batang dapat berfungsi sebagai tempat tumbuhnya beberapa organ generatif, Seperti yang berlaku pada  tumbuhan  belimbing, kakao, nangka atau Tumbuh Tumbuhan dengan sifat kauliflori lainnya
kauliflori adalah tumbuhan yang baik bunga serta buahnya dapat tumbuh pada bagian batang utama tanpa perlu adanya  tangkai induk (pedunculus) atau juga tangkai bunga (pedicellus).

Batang Membantu Efisiensi Penyerbukan

Fungsi batang bagi tumbuhan juga dapat membantu proses penyerbukan yang disebabkan oleh angin (anemogami). Semakin tinggi batang  pohon pada tanaman, maka akan semakin terbuka kemungkinan terjadinya penyerbukan . Hal ini disebabkan hembusan angin yang lebih cepat pada bagian yang lebih tinggi, dan tentunya dengan hembusan angin yang lebih cepat benang sari akan semakin mudah untuk terlepas dan masuk ke dalam kepala putik.


Membantu Efisiensi penyebaran Benih secara alami

Batang pada tumbuhan yang lebih tinggi akan memberi kemudahan bagi tumbuhan untuk menyebarkan benih apalagi jika proses pemencarn ini dibantu hembusan angin. Semakin jauh benih itu memencar, Semakin terbuka rang bagi tumbuhan tersebut untuk terus berkembang biak  dan pastinya maka akan semakin terjaga pula kelestarian tumbuhan tersebut hingga tak mudah punah

Fungsi batang menjadi ruang Penyimpanan Cadangan Makanan

Beberapa tumbuhan memanfaatkan batang sebagai ruang penyimpanan cadangan komsumsi. Tumbuhan yang seperti ini dapat dilihat padatebu dan sagu.

Fungsi batang sebagai Organ Perbanyakan Vegetatif
Beberapa tumbuhan juga memfungsikan batangnya sebagai organ perbanyakan vegetatif. contoh batang yang seperti ini dapat dilihat pada  batang singkong, mawar,tebu dan beberapa tumbuhan lainnya.

Nah demikianlah sedikit penjelasan tentang fungsi batang pada tumbuhan, Karena terbatasnya waktu dan tenaga maka kedepannya penjelasan tentang beberapa istilah botani yang berhubungan dengan fungsi batang pada tumbuhan  ( seperti : anemogami, jaringan xilem, floem dan fotosintesis) .akan saya urai satu persatu. semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi bunga pada tumbuhan hingga proses terjadinya buah

Tanaman Hias daun Keladi

Tanaman Hias daun Alokasia